Thorium Harta Terpendam Indonesia

Ilustrasi Koin Emas
Sumber Gambar: Google.com

Energi terbarukan dari Thorium belakangan ini menjadi perbincangan hangat di Indonesia. Karena Indonesia dikenal dengan kekayaan kandungan Thorium. Menurut Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN)  terdapat potensi Thorium di Indonesia sekikar 3-4 kali lipat dari potensi uranium, 210.000-280.000 ton Thorium yang tersebar di sejumlah lokasi di Indonesia seperti Pulau Bangka, Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Tengah (Kalteng), dan Sulawesi Barat (Sulbar), yang bisa dimanfaat sebagai energi alternatif di masa depan.

Badan Tenaga Nuklir Nasional menegaskan bahwa akan dibutuhkan waktu sekitar 40 tahun untuk mengelola harta karun ini menjadi energi terbarukan yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Karena Thorium harus dirubah terlebih dahulu menajadi uranium. Proses tersebut disebut proses “fertil” (membiak atau tidak bisa membelah diri) harus diubah dengan cara direaksikan bersama neutron. Setelah berhasil dirubah, diperkirakan biaya listrik yang dihasilkannya diperkirakan hanya US$ 6-8 sen/kWh dan relatif lebih murah dibandingkan dengan batubara.

Sekarang ini masih belum ada yang menerapkan PLTT (Pembangkit Listrik Tenaga Thorium) secara penuh. Thorium tidak dapat berdiri sendiri tanpa Uranium yang dibutuhkan sebagai inisiator. Tetapi upaya penelitian pemanfaatan Thorium sebagai energi terbarukan sedang diteliti oleh negara maju seperti Amerika dan India.

 

Artikel ini disumbangsihkan sebagai artikel milik situs si-nergi.id

 

Referensi

http://www.uraikan.com/uranium-dan-thorium-harta-karun-indonesia/8328/
http://hmt.mining.itb.ac.id/siapkah-indonesia-dengan-kekayaan-thorium/
Advertisements
Thorium Harta Terpendam Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s