Thorium Gebrakan Energi Terbarukan

Energy_Innovation_XL_500_377
Sumber Gambar: Google.com

Tenaga Pembangkit Listrik dengan menggunakan batu bara memberi dampak negatif terhadap lingkungan dengan melepaskan 10,8 juta ton polusi ke udara, dan menyebabkan kematian dini (premature death). Seperti yang telah kita ketahui bahwa energi batu bara adalah energi fosil yang paling kotor yang menimbulkan peningkatan risiko kanker paru-paru, stroke, penyakit jantung, dan penyakit pernapasan. Aktivis Greenpeace International Lauri Myllyvirta mengatakan, penggunaan batubara menyebabkan 60 ribu orang Indonesia meninggal setiap tahun.

Thorium menjadi gebrakan energi terbarukan di Indonesia sebagai pengganti energi batu bara yang lebih ‘hijau’. Thorium juga merupakan sebuah revolusi energi yang tergolong dalam energi bersih menghasilkan limbah nuklir yang sangat kecil, tidak bisa dipersenjatai, tidak mengeluarkan emisi apapun dan karena densitas energi yang sangat tinggi maka energi yang dihasilkan sangat murah.
Satu ton Thorium (sebesar bola basket) yang akan dimanfaatkan sebagai energi terbarukan dapat menjadi bahan bakar pembangkit listrik berdaya 1.000 MW selama 1 tahun lamanya. Memberikan listrik untuk setiap rumah selama 100 tahun lebih. Dapat mengaliri listrik sebuah kota selama setahun. Bahkan mampu menerbagkan sebauh pesawat selama tiga bulan tanpa mendarat dan mengisi bahan bakar. Energi terbarukan dari Thorium akan sangat membantu penghematan anggaran pada sebuah negara.

Jika berbicara mengenai energi terbarukan, kemandirian dan ketahanan energi, inilah jawaban sekaligus kekuatan besar yang dimiliki Indonesia. Bukan memanfaatkan batu bara yang akan habis dalam 20 tahun maupun gas yang akan habis dalam 38 tahun. Apabila Indonesia mau fokus dan beralih kepada energi bahan bakar thorium maka tidak perlu menunggu sampai tahun 2050 untuk nol emisi.

 

Artikel ini disumbangsikan menjadi artikel milik situs si-nergi.id

 

Referensi

http://balebengong.net/lingkungan/2015/08/15/thorium-sebagai-revolusi-energi.html
http://www.publicapos.co.id/wawancara/14662-bob-soelaiman-efendi-thorium-nuklir-hijau-yang-terabaikan-untuk-energi-masa-depan

 

Advertisements
Thorium Gebrakan Energi Terbarukan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s