Tenaga Thorium Menjadi Tenaga Nuklir yang Lebih Aman

1454575679
Sumber Gambar: Google.com

Sudah lama tenaga nuklir menjadi topik yang diperdebatkan. Karena tenaga nuklir mampu menghasil tenaga listrik yang amat besar dan tidak sama sekali menghasilkan emisi karbon, dengan begitu energi terbarukan ini dijadikan sebagai solusi karena krisis energi. Bahaya yang ditimbulkan pun harus menjadi perhatian seperti pengembangan senjata api, krisis dan pembuangan sisa limbah hasil produksi.

Namun dari semua resiko-resiko maupun keuntungan dalam penggunaan tenaga Thorium sebagai energi terbarukan berkaitan erat dengan jenis tenaga nuklir yang lebih spesifik; nuclear fission of uranium atau plutonium isotopes. Ada juga jenis tenaga nuklir lain yang siap dimanfaatkan dan kemungkinan masih memerlukan pengujian ulang sebagai tenaga nuklir.

Ide untuk menggunakan thorium ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1960an, dan pada tahun 1973 sudah diteliti dengan serius di USA. Namun, penelitian ini sempat terhenti karena penyalahgunaan tenaga nuklir sebagai senjata dalam Cold War pada tahun 19760an dan 1970an. Sehingga, USA tidak mempriotaskan riset tentang tenaga nuklir yang tidak mendukung persenjataan USA.

Ada beberapa kelemahan teknis pada siklus bahan bakar thorium. Misalnya , reaktor thorium yang diduga berpotensi memiliki kebocoran neutron dibandingkan dengan reaktor konvensional. Jumlah kebocoran neutron yang banyak juga akan dibutuhkan antisipasi perlindungan yang lebih untuk pekerja, dan seperti pada kebanyakan jenis energi terbarukan sebagai alternatif, tenaga thorium mengalami kekurangan dana untuk penelitian dan insentif keuangan untuk perusahaan listrik.

Dalam beberapa dekade terakhir , cerita tentang keamanan dan keramahan tenaga nuklir di media populer cenderung fokus pada pencarian nuclear fussion . Tentu saja , kita bisa berharap dan terus berharap untuk kemajuan berkelanjutan bagi penelitian energi alternatif ini . Tapi sementara itu, adanya investasi yang datang dari berbagai negara seperti China , India , dan negara-negara lain menunjukkan bahwa thorium adalah akan menajadi kontributor aliran listrik dalam waktu dekat dan secara dramatis meningkatkan berkelanjutan energi dunia.

Artikel ini disumbangsihkan menjadi artikel untuk situs si-nergi.id

Referensi:

http://blogs.discovermagazine.com/crux/2015/01/16/thorium-future-nuclear-energy/#.VryOSPl97Dc
http://science.howstuffworks.com/environmental/energy/thorium-nuclear-reactor.htm
Advertisements
Tenaga Thorium Menjadi Tenaga Nuklir yang Lebih Aman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s